Cara Merawat Anak yang Demam Setelah Imunisasi

March 11, 2016 | By obatpenurunpanas | Filed in: berita pengobatan, info kesehatan anak.

Imunisasi atau vaksinasi merupakan cara yang sangat ampuh dalam mencegah beberapa jenis penyakit. Dengan pemberian vaksinasi melalui suntikan ataupun oral dapat menyelamatkan banyak generasi dari serangan penyakit yang membahayakan dengan meningkatkan daya tahan tubuh yang semakin kuat. Bayi yang belum bisa menerima perubahan lingkungan dikhawatirkan akan mudah terserang penyakit, melalui imunisasi tingkat bahaya yang akan mengancam bayi bisa diperkecil dibandingkan dengan bayi yang tidak mengalami imunisasi.

Baca Juga: Obat Penurun Panas

Namun, pasca-pemberian imunisasi, seringkali terjadi gangguan kesehatan pada anak yang membuat Mama khawatir. Oleh karena itu, berikut ini cara merawat anak yang demam setelah imunisasi.

Cara Merawat Anak yang Demam Setelah Imunisasi

cara merawat anak yang demam setelah imunisasi

  1. Memberikan ASI sesering mungkin. Karena didalam ASI terkandung zat yang dapat mengurangi peningkatan suhu badan
  2. Mendekap bayi, dengan memberikan dekapan dari anda dapat meningkatkan zat antinyeri sehingga menurunkan rasa sakitnya.
  3. Jangan menggunakan bedong atau selimbut tebat, gunakan baju yang mudah menyerap keringat
  4. Kompres dengan menggunakan air hangat sehingga menurunkan risiko kejang-kejang dan disarankan untuk tidak menggunakan air dingin
  5. Memberikan kompresan air hangat untuk mengurangi pembengkakan pasca sutnikan. Kebanyakan bayi merasa nyeri ketika bekas suntikan tersentuk sehingga membuat dia tidak nyaman dan menangis.
  6. Gunakan selalu alat pengukur suhu panas (termometer) untuk melihat perkembangan peningkatan atau penurunan suhu tubuhnya.
  7. Pada umumnya kenaikan suhu badan bayi anda akan meningkat berkisar 38- 40 derajat celcius, panas badan anda akan menurun dengan sendirinya dalam waktu 1-2 hari. Ketika bayi anda mengalami panas melebihi 38 derajat celcius dapat diberikan obat penurun panas. Bila tidak kunjung turun dan memiliki riwayat kejang, maka segeralah lakukan penangan secara cepat dengan berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Konsumsi Bawang Putih Ketika Flu Menyerang

Itulah beberapa cara merawat anak yang demam setelah imunisasi. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan anak anda dengan memberikan suplemen kesehatan yang baik dan asupan nutrisi penting bagi anak.

| Cara Merawat Anak yang Demam Setelah Imunisasi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *