Kenali Beberapa Masalah Kesehatan Bayi di Tahun Pertama

December 29, 2016 | By obatpenurunpanas | Filed in: Artikel kesehatan, info kesehatan anak.

Hasil sebuah study menyebutkan, tubuh bayi ditahun pertama sangat rentan terserang penyakit. Hal ini terjadi dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya belum matang. Karena itu, penting untuk tanggap pada tumbuh kembang bayi dan mengenali gejala-gejala mengganggu.

Maka dari itu, penting sekali bagi setiap ibu untuk mengenali beberapa masalah kesehatan bayi di tahun pertama. Hal ini bertujuan untuk para orang tua selalu sigap dalam menangani masalah kesehatan buah hati mereka.

Kenali Beberapa Masalah Kesehatan Bayi di Tahun Pertama

Kenali Beberapa Masalah Kesehatan Bayi di Tahun Pertama

Rewel dan menangis tiap malam
Menurut Benjamin Danielson yang merupakan dokter spesialis anak di Seattle, AS, kerewelan berkala yang terjadi antara pukul 16.00 hingga 19.00 itu alami dan normal. Selain itu, ia juga menjelaskan, “Ini biasanya dimulai dalam dua bulan pertama, puncaknya antara minggu kelima dan delapan dan biasanya hilang di bulan ketiga”. Biarkan bayi Anda tidur siang sepanjang hari agar tidak lelah. Jika gagal, cobalah berjalan-jalan di luar untuk menenangkan rewelnya, terang Danielson.

Gangguan pernafasan
Pilek, flu, dan sesak napas merupakan penyakit pernapasan yang umum terjadi pada bayi. Jika berkelanjutan, ini akan berkembang menjadi infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Tetap awasi dan jangan panik seandainya bayi mengalami batuk, hidung mampet lebih parah, demam selama satu sampai dua hari, rewel, atau kurang nafsu makan, demikian dijelaskan Danielson.

Kunjungi dokter jika demam terus berlanjut di hari ketiga, bayi tidak lincah saat sedang tenang, atau jika menolak ASI dan minum. Gejala ini mungkin merujuk pada infeksi sekunder seperti infeksi sinus atau radang paru-paru.

Baca Juga: Obat Penurun Panas

Demam
Menurut Elaine Donoghue, dokter spesialis anak di AS, demam pada bayi bukanlah hal yang buruk. “Demam menandakan tubuh sedang melawan infeksi,” terangnya. Ketika demam suhu tubuh akan meningkat dan kekebalan tubuh mulai aktif. Saat inilah bakteri dan virus kesulitan bertahan hidup.

Demam juga biasa muncul setelah bayi diimunisasi. Donoghue menambahkan, bayi berusia kurang dari 8 minggu yang demam mungkin mengalami infeksi bakteri serius. Segera hubungi dokter jika panas melebihi 38 derajat Celsius.

Tumbuh gigi
Bertentangan dengan yang dipercaya banyak orang tua, tumbuh gigi tidak menyebabkan bayi sakit. Menurut Donoghue, tumbuh gigi hanya menyebabkan ketidaknyamanan. Umumnya bayi lebih sering rewel saat tumbuh gigi. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan karet bayi khusus yang lembut untuk digigit agar nyeri gigi berkurang, dan melakukan perawatan dini pada gigi bayi.

Infeksi telinga
Menurut About Kids Health, Infeksi telinga biasa terjadi pada anak dan bayi antara usia 6 bulan hingga 2 tahun dan sebagian besar anak-anak akan memiliki setidaknya satu infeksi telinga.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan orang tua untuk terus mengamati dan menunggu. Bawa ke dokter jika gejala tidak membaik setelah tiga hari, atau jika bayi berusia kurang dari 6 bulan dan tampak kesakitan.

Virus perut
Masalah pencernaan seperti diare dan muntah yang disertai demam umum terjadi pada bayi di tahun pertama. Hal ini disebabkan Infeksi virus di perut. Menurut National Health Service di Inggris, kebanyakan penyakit ini tidak butuh penanganan medis. Selama bayi mendapatkan cairan dan buang air secara konsisten, tidak mengonsumsi makanan padat (bagi bayi yang sudah mulai makan) pun tidak masalah.

Kunjungi dokter jika muntah dan demam berlangsung lebih dari dua hari, bayi menolak minum, tidak buang air kecil selama 6 jam, atau jika ada darah pada tinjanya. Ini mungkin memerlukan pengobatan antibiotik dan tambahan cairan akibat infeksi serius Salmonella atau E. Coli, juga dehidrasi.

Nah itulah beberapa keluhan kesehatan yang dapat menyerang buah hati Anda di tahun pertama kelahiran mereka. Semoga info kesehatan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Terimakasih

| Kenali Beberapa Masalah Kesehatan Bayi di Tahun Pertama


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *