Kriteria Sakit Demam yang Harus Diwaspadai

October 19, 2016 | By obatpenurunpanas | Filed in: Artikel kesehatan.

Umumnya panas demam bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia, gender, dll. Demam bisa disebabkan oleh berbagai macam, ada yang menunjukkan gejala ringan adapun berat. Umumnya demam timbul karena adanya hal menginfeksi tubuh atau sebagai tanda tubuh sedang melawan bakteri atau penyebab penyakit lain yang menginfeksi tubuh.

Jangan anggap sepele masalah demam, karena hal tersebut bisa jadi indikasi adanya penyakit serius yang menyerang tubuh Anda. Berikut dibawah ini beberapa kriteria sakit demam yang harus di waspadai.

Kriteria Sakit Demam yang Harus di Waspadai

Kriteria Sakit Demam yang Harus di Waspadai

Demam viral
Disebabkan adanya infeksi virus. Jenis demam ini umumnya terjadi selama waktu 9 hari. Selain itu, demam viral juga sering disertai dengan infeksi pada tenggorokan.

Demam Berdarah Dengue (DBD)
Penyakit ini disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, gejala yang ditimbulkannya adalah nyeri disekujur tubuh yang disertai dengan demam yang cukup tinggi dan juga mengigil. Apabila kondisi penderita lebih parah, DBD bisa memicu terjadinya pendarahan internal, hingga kematian.

Malaria
Sama halnya dengan penyakit DBD, malaria juga disebabkan oleh gigitan nyamuk. Gejala yang ditunjukkan yaitu penderita mengalami demam menggigildan juga tinggi. Dalam kondisi yang lebih parah, demam menjadi lebih berbahaya. Maka dari itu, perlu penanganan yang tepat.

Chicken Guinea
Penyakit ini disebarkan oleh nyamuk. Jenis demam ini memiliki gejala yang hampir sama dengan DBD dan Malaria, namun tidak begitu berbahaya seperti DBD dan Malaria. Meskipun begitu penanganan yang tepat tentu saja diperlukan.

Tifus
Demam yang terjadi disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi dalam perut. Bakteri jenis ini bisa membuat seseorang terkena demam yang tinggi. Selain itu, ditambah dengan munculnya sakit kepala dan diare yang cukup parah.

Meningitis
Adalah radang pada bagian otak yang bisa berpengaruh pada jaringan yang ada pada sistem otak dan juga sistem saraf. Meningitis juga bisa menyebabkan demam dan merusak organ otak. Umumnya penderita mengalami sakit kepala dan juga kejang.

Infeksi saluran kemih
Demam yang muncul bukanlah demam tinggi, namun berbarengan dengan rasa nyeri pada bagian perut bawah dan perasaan terbakar ketika Anda buang air kecil.

HIV
Demam yang ringan namun dalam waktu yang terus menerus merupakan salahsatu tanda dari terjadinya infeksi HIV. Keadaan ini bisa diatasi dengan menggunakan 0bat tertentu namun di lain waktu gejala bisa muncul kembali. Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter apabila Anda mengalami demam ringan dalam waktu seminggu lebih, terlebih apabila Anda memiliki riwayat pengguna 0bat-0bat terlaran9 atau pernah melakukan hub ungan bebas.

Itulah beberapa macam penyakit yang menimbulkan gejala demam yang harus Anda waspadai. Semoga dengan mengetahui hal ini, Anda bisa lebih tanggap terhadap gejala yang Anda rasakan saat ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *