Tanaman Liar yang Dijadikan Sebagai Obat Mujarab

April 28, 2016 | By obatpenurunpanas | Filed in: berita pengobatan.

Indonesia memiliki tanah yang subur, sehingga tanaman apapun yang ditanam akan tumbuh dengan baik. Banyak sekali jenis tanaman yang ditanam, bahkan tanaman yang tumbuh liar pun memiliki manfaat untuk kesehatan. Namun, meski begitu tidak banyak orang yang tahu bahwa tanaman liar bisa dijadikan sebagai obat mujarab.

Jenis-Jenis Tanaman Liar yang Dijadikan Obat Mujarab

Tanaman Liar yang Dijadikan Sebagai Obat Mujarab

Alang-Alang

Tanaman ini tumbuh subur di lahan tanah yang masih kosong. Pada akar tanaman terdapat kandungan arundonin, fernenol, silindrin, simiarenol, kapesterol, stigmasterol, beta-sitosterol, skopoletin, katerol, asan klorogenat dan juga kalsium yang tinggi. Kandungan-kandungan inilah yang membuat alang-alang dijadikan sebagai obat mujarab untuk menenangkan saraf, menurunkan panas demam, dan juga sebagai penyejuk. Tidak hanya itu, alang-alang juga sering digunakan sebagai peluruh air seni, mengatasi demam dan juga panas dalam.

Bakau

Bakau memiliki kandungan yang berkhasiat untuk mengobati disentri, melangsingkan badan, menghentikan pendarahan, homeostasis dan antiseptik. Harus Anda tahu, bagian tanaman bakau yang bisa digunakan sebagai obat adalah kulit batang dan daun.

Benalu

Benalu yang menempel pada tanaman tertentu seperti teh dapat digunakan sebagai obat antikanker. Sedangkan benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis dapat digunakan sebagai ramuan obat untuk membasmi amandel. Jenis benalu pada umumnya dapat digunakan sebagai obat penyakit campak. Hanya saja, masih belum ada kajian ilmiah yang dilakukan untuk memastikan hal tersebut. Bagian benalu yang digunakan sebagai obat adalah batang.

Beluntas

Seluruh bagian tanaman beluntas, baik dalam bentuk segar maupun dikeringkan dapat difungsikan sebagai obat. Beluntas mengandung alkaloid dan minyak atsiri, dan ekstrak akarnya mengandung fraksi metanol. Daun beluntas dapat digunakan untuk menurunkan panas, menyembuhkan radang dan antiluka. Selain itu beluntas berkhasiat juga sebagai obat skabies, TBC kelenjar leher, menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menghilangkan bau badan, mengatasi sakit pinggang, obat sakit perut, dan sebagai obat batuk. Air rebusan daun dan batangnya dapat meredakan asma dan gangguan paru-paru lainnya. Tak hanya itu, beluntas juga dapat difungsikan sebagai aromaterapi dan stimulan, serta menguatkan saraf jika digunakan sebagai campuran berendam air hangat.

Bakung putih

Bagian tanaman yang digunakan adalah akar, umbi lapis, daun dan biji. Tanaman yang juga memiliki bunga berwarna putih yang indah ini mengandung alkaloid dan licorine (emitikum). Getah umbi lapisnya bersifat peluruh muntah. Akar bakau putih bersifat antiracun, dan daunnya bersifat diuretik.

Rumput Mutiara

Rumput mutiara mengandung dua senyawa aktif, yaitu asam ursolat dan asam uleanolat yang terbukti dapat mencegah perkembangan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas. Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu.Selain kanker, rumput mutiara juga dapat dipakai untuk menyembuhkan Tonsilitis, pharyngitis, bronkitis, pneumonia, gondongan,radang usus buntu ,hepatitis, dan cholecystitis.Lebih lanjut raumput ini dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit luar seperti bisul, uci-uci, dan luka terinfeksi

Baca Juga: Bahan-Bahan Alami Untuk Mengobati Flu dan Batuk

Itulah beberapa tanaman liar yang bisa Anda gunakan sebagai ramuan obat mujarab untuk sembuhkan berbagai keluhan penyakit. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak artikel kami,

| Tanaman Liar yang Dijadikan Sebagai Obat Mujarab


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *